Jajang Jatnika Mulya Pajar, - (2022) STRATEGI PEMASARAN TAHU SUMEDANG DI DESA BUAHDUA KECAMATAN BUAHDUA KABUPATEN SUMEDANG. Other thesis, Universitas Mandiri.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](http://repo.universitasmandiri.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jajang Jatnika MP 102018023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Abstract
Nama : Jajang Jatnika Mulya Pajar
NIM : 102018023
Prog. Studi : Manajemen Ekonomi
Judul : Strategi Pemasaran Tahu Sumedang di Desa Buahdua Kecamatan
Buahdua Kabupaten Sumedang
Sejak berdiri pada tahun 2011, usaha Tahu Sumedang Bapak Maman
Sulaiman mengalami peningkatan pendapatan sejak tahun 2011 hingga tahun 2021.
Namun, pada tahun 2018, usaha Tahu Sumedang Bapak Maman Sulaiman
mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumya dan
sesudahnya. Maka untuk itu, dalam mengetahui penyebab turunnya pendapatan
Tahu Sumedang Bapak Maman Sulaiman pada tahun 2018, perlu diketahui tentang
strategi pemasaran yang digunakan Bapak Maman Sulaiman dalam pemasan Tahu
Sumedang miliknya. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi pemasaran Tahu Sumedang di Desa Buahdua Kecamatan
Buahdua Kabupaten Sumedang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif yaitu
dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Teknik pengolahan data dan analisis yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan
data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dikelompokan untuk
dianalisis yaitu dilakukan dengan langkah mereduksi data, mendiskripsikan data,
dan mengambil kesimpulan serta verifikasi data. Teknik dalam menjamin
keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan
Bapak Maman Sulaiman dalam peningkatan dan pengembangan usaha Tahu
Sumedang miliknya dilakukan dengan dengan menggunakan strategi marketing
mix yaitu pembauran antara penetapan produk, harga, lokasi (tempat), dan promosi.
Kemudian, dapat dipahami bahwa Bapak Maman Sulaiman telah menerapkan
setiap unsur strategi pemasaran dengan marketing mix kecuali pada penetapan
lokasi usaha dikarenakan sudah menjadi tempat tinggalnya kemudian secara tidak
sengaja lokasi tersebut sangat mendukung penjualan produk usahanya karena
berada di tempat yang strategis yaitu di tepi jalan. Penetapan produk dilakukan
dengan memperhatikan kualitas bahan baku yang digunakan dalam pembuatan
Tahu Sumedang sehingga menghasilkan produk yang enak, renyah dan tahan lama.
Penentuan harga dilakukan dengan penyesuaian antara harga bahan baku
dan keuntungan yang akan dicapai. Lokasi usaha sangat strategis dalam
pengembangan usaha dikarenakan mudah dijangkau dan mudah diketahui
konsumen karena berada di pinggiran jalan. Bentuk promosi yang dilakukan adalah
dengan mengunjungi warung-warung dan menitipkan hasil produksinya pada
warung tersebut untuk di perjualbelikan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Tahu Sumedang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 22:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 06:47 |
URI: | http://repo.universitasmandiri.ac.id/id/eprint/21 |