ANALISIS AKTIVITAS ADVERTISING MELALUI SOSIAL MEDIA PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK DI ONLINE SHOP KITTYSHOP

Ririn Rubiarti, - (2022) ANALISIS AKTIVITAS ADVERTISING MELALUI SOSIAL MEDIA PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK DI ONLINE SHOP KITTYSHOP. Other thesis, Universitas Mandiri.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Ririn Rubiarti 102018014.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai upaya yang bisa dilakukan dalam melakukan penjualan produk. Salah
satunya adalah dengan melakukan advertising melalui sosial media intagram.
Adanya advertising melalui sosial media instagram memudahkan para pelaku
bisnis mempromosikan produknya. Namun disisi lain, dengan adanya daya saing
dan cara menyampaikan materi pada sosial media menjadi salah satu tantangan.
Oleh karena itu advertising melalui sosial media instagram belum tentu
selamanya bisa meningkatkan penjualan produk. Dalam penelitian ini membahas
mengenai aktivitas advertising melalui sosial media (instagram) pengaruhnya
terhadap penjualan produk di online shop Kittyshop. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui aktivitas advertising melalui sosial media terhadap penjualan
produk di online shop kittyshop dan mengetahui penjualan produk di online shop
kittyshop setelah penggunaan setelah menggunakan sosial media instagram
sebagai media adversiting. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
transkip data hasil wawancara, reduksi data dan analisis data untuk penarik
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas penggunaan
instagram tidak lepas dari berbagai langkah sebelum terpromosi di instagram.
Berbagai langkah tersebut antara lain yaitu ketika barang datang maka akan
dilakukan pengecekan dan penyortiran produk, kemudian pemberian label berat
badan dan harga untuk kemudian berlanjut pada langkah pemberian label toko
Kittyshop, selanjutnya dilakukan input data, foto produk, editing kemudian
barulah posting menggunakan instgaram dengan berbagai fiturnya; dan semenjak
awal menggunakan instagram sebagai media advertising ditahun pertama,
penjualan produk hampir dua kali lipat meningkat dari sebelum menggunakan
instagram. Kemudian ditahun berikutnya setelah menggunakan instagram mulai
mengalami peningkatan penjualan produk yang signifikan untuk setiap tahunya.
Hal ini menunjukkan penggunaan instagram sebagai media advertising yang
dilakukan Kittyshop merupakan salah satu langkah efektif yang dapat menjadi
referensi bagi calon pebisnis muda di era milenial ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jun 2025 23:02
Last Modified: 14 Jun 2025 06:49
URI: http://repo.universitasmandiri.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item