Tati Mulyani, - (2022) ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP PENJUALAN PRODUK OVERSEAS UNTUK RESELLER PADA APLIKASI RATES DI KOTA BANDUNG. Other thesis, Universitas Mandiri.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](http://repo.universitasmandiri.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tati Mulyani 102018034.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Abstract
Berbagai upaya yang bisa dilakukan dalam melakukan penjualan produk
salah satunya dengan Personal Selling. Personal selling merupakan penyampai
informasi dari penjual kepada pembeli untuk mempengaruhi sikap dan tingkah
laku dalam rangka menciptakan pertukaran, sehingga tujuan untuk meningkatkan
kuantitas penjualan diharapkan dapat teralisasi. Personal selling akan selalu
berusaha memberikan kesan baik tentang produk yang dijualnya. Dengan peranan
personal selling yang begitu besar dalam melakukan penjualan produk perusahaan
kepada konsumen maka akan memberikan timbal balik yaitu meningkatkan
volume penjualan produk perusahaan. Dalam penelitian ini membahas mengenai
analisis pengaruh personal selling terhadap penjualan produk overseas untuk
reseller pada aplikasi Rates di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peranan personal selling terhadap penjualan produk overseas untuk
reseller pada aplikasi Rates di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik
pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan transkip data hasil wawancara, reduksi data
dan analisis data untuk penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa pendekatan personal selling dalam upaya melakukan proses penjualan
dengan baik dan benar walaupun tahapan penjualan yang digunakan oleh tenaga
penjual dalam memasarkan produk masih kurang efektif karena hanya
menggunakan 4 tahap, yaitu persiapan sebelum penjualan, menentukan lokasi
pembeli potensial, pendekatan, dan melakukan penjualan. Dengan melakukan
pendekatan personal selling, perusahaan mendapatkan keuntungan dan personal
selling sendiri sangat berperan penting dalam merealisasikan target yang sudah
ditentukan oleh perusahaan. Saran yang dapat penulis berikan yakni perusahaan
sebaiknya membekali tenaga penjualnya dengan pengetahuan produk dan lebih
mengerti lagi tentang berbagai keunggulan produk, pengetahuan mengenai
karakteristik konsumen serta memperhatikan tahap-tahap dalam proses menjual
sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 23:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 06:50 |
URI: | http://repo.universitasmandiri.ac.id/id/eprint/24 |