PENGARUH FANATISME BOBOTOH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE PERSIB BANDUNG DI PERSIB STORE

Ganjar Swanara Putra, - (2022) PENGARUH FANATISME BOBOTOH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE PERSIB BANDUNG DI PERSIB STORE. Other thesis, Universitas Mandiri.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Ganjar Swanara Putra 102019029.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persib Bandung merupakan klub sepakbola dengan pendapatan tertinggi di
Indonesia. Pendapatan yang tinggi dari Persib Bandung diduga disebabkan oleh
fanatisme para suporternya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik
suporter Persib Bandung di Indonesia serta menganalisis apakah faktor fanatisme
suporter berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk merchandise Persib
Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif. Penelitian ini
menetapkan suporter Persib Bandung di Indonesia sebagai populasi. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif. Data yang
digunakan terdiri dari data primer (kuesioner) dan data sekunder (studi literatur). Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini
menyatakan bahwa sebagian besar faktor fanatisme suporter yaitu zeal (semangat),
pengultusan, loyalitas dan konsumsi untuk kepuasan diri sendiri berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise Persib Bandung.
Kata Kunci : fanatisme, keputusan pembelian, merchandise, Persib Bandung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jun 2025 23:07
Last Modified: 14 Jun 2025 06:50
URI: http://repo.universitasmandiri.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item